Komunitas adat mukureku akan membangun ekonomi berbasis budaya

Photo musyawar di komunitas adat mukureku
Komunitas adat mukureku akan membangun ekonomi berbasis budaya
Sabtu 31 mei 2014, aliansi masyarakat adat nusantara (AMAN) wilayah nusa bunga melaksanakan musyawara bersama dengan komunitas adat mukureku untuk membangun ekonomi berbasis budaya dengan mengedepankan cita-cita bangsa kemandirian ekonomi nasional.
Komunitas adat mukureku akan menjalankan cita-cita itu untuk mewujudkan masyarakat yang berdaulad secara politik,mandiri secara ekonomi, bermartabat secara budaya.
Sambutan kepala desa mukureku Agustinus Nggumbe Mengatakan "kegiatan sosialisasi dan musyawara hari ini dengan kelompok usaha wortel organik merupakan langka awal dalam pelaksanaan dan pengembangan pembangunan ekonomi berbasis budaya",katanya.
"Lanjut ia menjelaskan bahwa mukureku akan menjadi contoh proses pengembangan dan pembangunan ekonomi berbasis budaya, sehingga mukureku bisa mandiri dalam bidang ekonomi", Ungkap agustinus.
Kemudian  mewakili mosalaki mukureku bapak lambertus mengatakan untuk melakukan usahan dan membangun ekonomi komunitas adat  mukureku untuk lahan ada dan silakan fai walu ana kalo bekerja asalkan tetap menjaga hutan dan tetap menanam pohon demi keberlangsungan kehidupan generasi selanjutnya.
"Mukureku adalah daerah di dataran tinggi dan untuk air sangat sulit, jadi kita harus menanam pohon yang banyak biar air bisa meresap 4 sampai 6  bulan bahkan selamanya. Lanjutnya sebab selama ini kita sangat bermasalah dengan kebutuhan air ini dan kita kurang menikmatinya yang menikmati air adalah masyarakat yang berada di dataran rendah",tutur Lamber.
"Membangun ekonomi yang akan kita lakukan adalah pembangunan  berbasis adat dan budaya sehingga komunitas adat bisa hidup lebih baik. Landasan pembangunan sudah ada diletakan oleh nenek moyang kita dan sekarang tinggal kita melanjutkan".kata Philipus Kami ketua AMAN nusa bunga.
Menurut Philipus bahwa pembangun ekonomi berbasis budaya lebih mengarah pada pembangungan yang bersiafat gotong royong. Sehebat apapun ekonomi yang tumbu di sini, tidak boleh memisahkan sesama masyarakat adat yang adat disini.
"Target yang akan kita lanjutkan disini untuk menunjukan contoh bagi komunitas adat lain yang ada di wilayah nusa bunga",

" Pembangunan ekonomi berbasis hultikuturan merupakan pembangunan ekonomi yang sudah diwariskan oleh nenek moyang dari zaman dahulu, kini kita tinggal melanjutkan. Pembangunan ekonomi agar bisa mendapatkan hasil yang baik dan disini yang kita lakukan awal  adalah pembangunan otak manusianya dulu, progaram seapapun baiknya jika masyarakat adat dan kelompoknya tetap berjalan pada pola lama maka akan terjadi hal yang sama  dari hari sebelumnya"kata wenseslaus sen.
"Lanjut wens mengatakan masyarakat bisa mandiri dibidang ekonomi jika mulai melakukan kerja prioritas yang dapat mempercepat roda perputaran ekonomi. sekarang ini fakta dilapangan masyarakat masih bergantung pada orang-orang yang mengatur harga pasar. target kita masyarakat adat  harga hasil produksi kita harus  kita sendiri yang tentukan lewat aturan adat dan aturan Pemerintah,seperti Perdes dan perda.tegas wens.

Yulius fanus mari,(jhuan)



Share on Google Plus

About amannusabunga.blogspot.com

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: